Jadi Destinasi Studi Komparasi, MPP Kota Payakumbuh Terus Dibanjiri Kunjungan

0
56
loading...

Payakumbuh | tipikal.com — Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Payakumbuh terus dibanjiri kunjungan dari daerah yang ingin melakukan studi terkait pelayanan publik yang dikelola Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Payakumbuh itu.

MPP Kota Payakumbuh yang dinahkodai oleh Harmayunis itu kembali menyambut kunjungan dari DPMPTSP Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi dan DPMPTSP Naker Kabupaten Solok Provinsi Sumbar dalam agenda studi komperatif, Kamis (21/10).

Diawal kunjungannya ke MPP Kota Payakumbuh, kepala DPMPTSP Kabupaten Sungai Penuh Yulia Rosa dengan rombongan sebanyak 15 orang itu sampaikan kekaguman saat melihat pelayanan publik Kota Payakumbuh yang juga berada satu atap dengan kantor wali kota tersebut.

Kadis Yulia Rosa menyampaikan bahwa kedatangannya ke Payakumbuh guna bertukar informasi serta mempelajari sistem pengelolaan dan fasilitas MPP Kota Payakumbuh.

“Kami kagum dengan MPP yang dikonsep Pemko Payakumbuh ini, keberadaannya mampu menyedot orang datang ke layanan satu pintu mengurus perizinan, bayar pajak, urusan lain di dinas-dinas yang ada di pemerintahan. Sungguh hebat Pemko Payakumbuh dalam mengonsep ini, kami tentunya berharap Pemko Payakumbuh tidak pelit untuk berbagi ilmu dengan kami terkait pengelolaan pelayanan publiknya ini,” canda Yulia.

Tidak lantas terbang dipuji atas instansi yang dinahkodainya, Harmayunis langsung ucapkan terima kasih, dengan menyampaikan jika pelayanan yang ada di MPP Kota Payakumbuh selalu berinovasi dalam memberikan layanan terbaik bagi warga masyarakat Kota Payakumbuh.

“Dan sampai saat ini telah ada sebanyak 167 layanan yang dikelola di MPP Kota Payakumbuh. Kami tidak pernah membedakan keadaan/kondisi warga yang datang kesini, dimana MPP kita tentunya juga ramah terhadap warga penyandang disabilitas. Dan kami ingin warga yang datang kesini nyaman untuk kebutuhannya seperti hajat pokok mereka. Kami menyediakan fasilitas sanitasi setara dengan toilet di bandara,” kata Inyiak sapaan akrab Kepala DPMPTSP Kota Payakumbuh saat mendampingi rombongan berkeliling MPP sambil menjelaskan tentang pelayanan publik yang dikelolanya.

Pada kesempatan yang sama, DPMPTSP Naker Kabupaten Solok yang dipimpin Kasubag Umum dan Kepegawaian Baitul Azwar bersama 2 orang rombongannya, turut memberikan apresiasi atas pelayanan di MPP Kota Payakumbuh yang ramah terhadap masyarakat rentan, serta taat mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

“Atas apa yang kami lihat disini pelayanannya sudah optimal, sesuai dengan instruksi Menpan RB pelayanan publik dimasa pandemi harus mematuhi prokol kesehatan, hal tersebut sudah diaplikasikan di MPP Kota Payakumbuh,” tutur Azwar.

Azwar juga menyampaikan jika sebelumnya pihak Pemkab Solok suudah pernah berkunjung ke MPP Kota Payakumbuh, yakni Asisten II Bidang Ekbang dan Kesra Medison.

“Namun, ada baiknya jika kami juga ikut melihat dan bertukar informasi dengan MPP Kota Payakumbuh untuk kami bawa pulang. Pilihan untuk studi ke MPP Kota Payakumbuh merupakan pilihan terbaik, dimana MPP Kota Payakumbuh sudah mendapat predikat A dari Kemenpan RB atas prestasinya,” tukasnya.

Menariknya kunjungan kedua dinas dari dua daerah yang berbeda ke MPP Kota Payakumbuh ini, selain untuk menimba ilmu pelayanan publik yang akan dibawa pulang, karna kedua daerah ini juga sama-sama dalam perencanaan untuk membangun Mal Pelayanan Publik di daerahnya masing-masing. (tpk)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here