Cegah Penerima Ganda, Payakumbuh Bakal Labeli Penerima Bantuan

0
30
loading...

Payakumbuh, tipikal.com – Wali Kota Riza Falepi mengatakan semua data penerima bantuan dari pemerintah dapat segera di pajang di posko kota, posko relawan, kantor lurah, dan mesjid di Kota Payakumbuh, segera bantuan itu akan turun karena nama-nama sudah di tranfer ke pos, dijadwalkan besok ada penyaluran.

“Dengan dipampangnya data penerima bantuan ini nanti, warga kita dapat melihat data tersebut secara langsung, sehingga bisa mengetahui siapa diantara mereka yang menerima bantuan yang terdampak wabah ini. Sewaktu-waktu data ini dapat kita ralat kembali, dan tidak ditemukan data yang berdempet sehingga penyaluran bantuan ini tepat sasaran dan merata kepada seluruh warga kota Payakumbuh,” ungkap Riza, saat diwawancara media, Senin (11/5).

Transparansi data yang dilakukan ini yang akan menjadi dasar dalam penyaluran bagi penerima bantuan agar benar-benar sampai tujuan tanpa terkecuali.

“Masyarakat kami mohon agar sabar dan tidak terpancing, karena semua masalah data baik ganda, atau ditemukan meninggal dunia kita telah siapkan skemanya, jadi harap basabar,” ajak Riza Falepi.

Pada akhirnya agar tak terjadi penerima ganda atau overlap, disebutkan ada 5 jenis bantuan dari pemerintah, yaitu Program Keluarga Harapan, Sembako, Bantuan Langsung Tunai (BLT) Provinsi, Bantuan Sosial Tunai (BST) Kementerian Sosial, dan BLT Kota Payakumbuh.

Nantinya dirumah penerima akan dipasang stiker atau label, sesuai dengan jenis/asal bantuan yang diterimanya. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari adanya warga yang menerima dobel atau lebih bantuan yang bersumber dari pemerintah kota, provinsi, maupun pusat.

“Contohnya, warga yang sudah menerima bantuan lewat PKH tak akan dapat BLT maupun BST lagi kita akan labeli agar bantuan ini merata dan adil,” kata Wako Riza.

Sebelumnya, agar bisa mendapatkan data yang terkonfirmasi dan valid dari pusat dan provinsi, Wali Kota telah melakukan rapat terbatas via Vicon bersama camat dan lurah se-kota di Aula Pertemuan Randang Balai Kota Payakumbuh, Sabtu (9/5) lalu.

“Sehubungan dengan kerumitan masalah pendataan yang kita terima saat ini bagi warga yang layak mendapat bantuan karna Covid-19 ini, maka kita harus bergerak dan gotong royong secara nonstop untuk menyelesaikan ini bersama,” ucap Wako Riza.

Riza juga meminta warga apabila nanti namanya tidak masuk dalam penerima bantuan sedang dirinya layak untuk dibantu maka dapat melaporkannya ke kelurahan setempat.

“Kita semua sekarang mendapatkan amanah yang sangat berat saat ini, dimana kita harus segera selesaikan persoalan dan musibah yang terjadi agar masyarakat kita tidak semakin jatuh karna dampak wabah ini. Dan jika kita tidak sampai menyelesaikan ini segera, maka kita semua akan berdosa karna amanah yang telah kita emban ini”, ujar orang nomor satu di Kota Payakumbuh itu.(*)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here