Diundang Khusus Reses Komisi V DPR-RI, Wako Riza Falepi Perjuangkan Jalan Lingkar Utara, Lanjutan Batang Agam, Hingga Layanan Air Bersih Dan Sanitasi

0
81
loading...

Padang, tipikal.com — Kesempatan emas tak disia-siakan oleh Wali Kota Riza Falepi sebagai satu-satunya kepala daerah yang mendapat undangan khusus dari Komisi V DPR-RI yang membidangi infrastruktur dan perhubungan saat melakukan Reses, menjemput aspirasi ke Provinsi Sumatera Barat, Senin (15/02).

Diawali dengan kunjungan lapangan ke Jalan Tol, Terminal Tipe A Anak Aia, hingga pertemuan di Aula Kantor Gubernur Sumbar bersama Gubernur diwakili Asisten II Setdaprov Benni Warlis, Ketua Komisi V DPR-RI Mulyadi, serta anggota Komisi V DPR-RI dari Dapil Sumbar diantaranya Atari Asda, Syahrul, dan anggota lainnya didampingi oleh Kementerian PUPR, Dirjen SDA, Direktur Sungai Dan Air Baku, Direktur Perhubungan Darat, Direktur Perhubungan Laut, BASARNAS, BMKG, Kepala Balai Prasrana Wilayah, Kepala Balai Perumahan, Kepala Balai Sungai Sumatera V, dan Kepala Balai Jalan.

Dihadapan para wakil rakyat yang duduk di Senayan itu, Riza Falepi didampingi Kadis PUPR Kota Payakumbuh Muslim yang diberi kesempatan seluas-luasnya untuk mengekspose usulan pembangunan infrastruktur di Kota Payakumbuh langsung dengan mantap menyampaikan agar Jalan Lingkar Utara di Payakumbuh segera ditingkatkan, mengingat tonase kendaraan yang melewatinya sangat besar. Saat ini kerusakan jalan disana sudah banyak berlubang.

“Ini menjadi permasalahan kami setiap tahun. Sudah banyak laporan warga kepada kami kalau sering terjadi kecelakaan di Jalan Lingkar Utara itu, kami di Pemko mencoba membantu dengan berswadaya, dengan kami timbun sementara untuk meminimalisir kecelakaan, dan itu tak mungkin bertahan lama karena mobil yang lewat disana besar-besar,” kata Riza Falepi.

Lanjut, wali kota dua periode itu juga menyampaikan kalau masyarakat Payakumbuh menginginkan agar Normalisasi Batang Agam dilanjutkan, saat ini kondisi lahannya sudah dibebaskan.

“Kami juga mengusulkan peningkatan pelayanan di bidang air minum, dan pembangunan di bidang sanitasi di Payakumbuh,” papar Riza yang merupakan Lulusan S2 ITB.

Usai dengan lugas memaparkannya aspirasinya, wali kota kebanggaan warga Payakumbuh itu mendapat respon dari anggota Komisi V DPR-RI dan Kementerian PUPR. Mereka mengapresiasi Wali Kota Riza Falepi yang sangat peduli untuk membantu kelancaran pelaksanaan kegiatan yang bersumber dari APBN di Kota Payakumbuh.

“Wali Kotanya langsung yang turun tangan untuk mengurus masalah sosial masyarakat, seperti pembebasan lahan, dukungan masyarakat, dan lain-lain. Begitu juga dalam pelaksanaan kegiatan fisik di lapangan, wali kotanya juga yang langsung mengawal akan kegiatan berjalan sesuai rencana dan bermanfaat bagi masyarakat, bahkan tidak segan-segan ikut menyelesaikan apabila ada permasalahan di lapangan,” kata Mulyadi.

Dari ekspose Wali Kota Payakumbuh yang mendapat sambutan luar biasa dari Komisi V DPR-RI itu, didapat sinyal kalau mereka berjanji akan mengawal anggarannya, begitu juga dengan Balai di bawah Kementerian PUPR yang berjanji akan memprogramkan dalam rencana kerja kedepan. (rm)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here