Antisipasi Second Wave, Ini Yang Dilakukan Pemko Payakumbuh

0
216
loading...

Payakumbuh, tipikal.com — Memasuki 1 Syawal 1441 H Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh kembali mengimbau seluruh masyarakat Kota Payakumbuh untuk tetap mematuhi semua Protokol PSBB dan Protokol Covid-19 selam lebaran di Kota Payakumbuh.

Melalui Video Conference (Vidcon) bersama Camat, Lurah se-Kota Payakumbuh serta awak media Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi mengatakan bahwa pada tahun ini Pemko Payakumbuh tidak menyelenggarakan Shalat Ied bersama karena belum sepenuhnya wabah virus corona dapat diatasi di Payakumbuh.

“Tahun ini kita juga tidak mengadakan open house, tapi kalau ada warga kita yang ingin bersilaturahmi silahkan datang ke rumah dengan syarat tetap mematuhi protap covid-19,” kata Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi di Balai Kota, Jumat (22/05).

Wali Kota Payakumbuh dua periode tersebut mengakui sudah sangat rindu untuk melaksanakan sholat Jumat serta sholat berjamaah di masjid, tapi karena wabah ini kita harus mematuhi semua peraturan Pemerintah serta imbauan MUI.

“Untuk mewujutkan itu semua saya berharap, mari sama-sama kita menyadari bahwasanya wabah ini harus kita lawan bersama, jangan ada yang protes ataupun menentang dengan imbauan pemerintah, karena kalau ada satu saja yang tidak sejalan nantinya bisa mencelakai semua, mari kita tekan keegoisan kita semua demi memerengi dan memutus mata rantai covid-19 ini,” ungkap Riza.

Wako menambahkan, “Kita menghimbau kepada warga Payakumbuh, untuk tetap mematuhi protokol PSBB selama lebaran, kita tidak inginkan kasus bertambah setelah lebaran,” tambah orang nomor satu di Payakumbuh tersebut.

Wako Riza Falepi juga menyampaikan sudah lebih dari seminggu tidak ada menemukan hasil swab positif, dan warga Payakumbuh yang positif telah berangsur sembuh, saat ini tinggal 2 orang yang masih positif, berdasarkan perkembangan kesehatan keduanya berada dalam keadaan sehat dan menunjukkan perkembangan yang baik.

“Diharapkan dalam seminggu ini warga kita yang positif hasil swabnya negatif dan kita akan mendeklarasikan Payakumbuh kembali zero covid-19, jadi kita harapkan kerja sama semuanya untuk dapat mewujudkan itu semua dengan tetap pakai masker, jaga jarak, sering cuci tangan dan pola hidup sehat,” harap Riza.

Dikesempatan itu Wako Riza Falepi juga mengatakan akan menutup sementara pusat pertokoan Payakumbuh pada tanggal 23/05 pukul 22.00 WIB sampai tanggal 29/05 untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

“Ini kita lakukan karena menjelang lebaran pusat pertokoan Payakumbuh penuh dengan pengunjung, maka untuk sementara pasar kita tutup dulu agar bisa dilakukan penyemprotan dengan maksimal,” ucap Riza.

Selain itu Riza menyebut saat ini Kota Payakumbuh tengah menuju zona hijau lagi, dan Tim Gugus Tugas jangan sampair lengah, karena kasus pertama covid-19 di Kota Payakumbuh berawal dari pasar.

“Kita tidak inginkan terjadi second wave (gelombang kedua, red) , karena serangan kedua ini lebih berbahaya dari yang pertama dan kita tidak inginkan itu terjadi di Payakumbuh,” pungkas Riza. (*)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here