Wawako Erwin Yunaz Irup Upacara Hari Pahlawan Ke 75 Di Balaikota Payakumbuh

0
25
loading...

Payakumbuh, tipikal.com -– Hari ini, 10 November 2020 bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan dan mengenang jasa-jasa serta perjuangan para pahlawan bagi negara Indonesia tercinta. Akan tetapi, perayaan Hari Pahlawan tahun ini sedikit berbeda di tengah pandemi Covid-19 karena harus tetap mengikuti protokol kesehatan.

Seluruh masyarakat Indonesia dapat memperingati Hari Pahlawan tahun ini dengan mematri dan menanamkan nilai-nilai yang didapat dengan mengingat perjuangan para pahlawan membela Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sehingga Indonesia bisa seperti sekarang ini.

Peringatan Hari Pahlawan ke 75 dengan tema “Pahlawanku Sepanjang Masa” dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan pencegahan Covid19 di Halaman Kantor Wali Kota Payakumbuh berlangsung khidmat, Selasa (10/11).

Hanya ada beberapa orang ASN, petugas Satpol PP, BPBD, Pemadam Kebakaran, TNI, dan Polri yang berbaris di halaman balai kota, sementara itu upacara disaksikan serta diikuti secara virtual oleh seluruh ASN Pemko Payakumbuh via aplikasi Zoom dari kantor masing-masing, mulai dari kelurahan, kecamatan, dan dinas lainnya.

Inspektur Upacara Wakil Wali Kota Erwin Yunaz tampak bersahaja bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Payakumbuh seperti Ketua DPRD Hamdi Agus, Dandim 0306/50 Kota diwakili Danramil 01/Pyk Mayor Inf. T Barus, Wakapolres Payakumbuh Kompol Jery Syarim, Kakankemenag diwakili Kepala TU Mustafa, Danton Zipur 2/Ps Letda Czi Farhan, Sekretaris Daerah Rida Ananda, bersama Asisten Setdako dengan Komandan Upacara AKP Aprinal.Lubis, serta Dan Up Lettu Czi. Slamet Hirohito.

Wakil Wali Kota Erwin Yunaz menjadi inspektur upacara menyampaikan amanat Menteri Sosial RI, dimana memperingati Hari Pahlawan kiranya tidak hanya sekedar diingat pada setiap tanggal 10 November saja, namun lebih dari itu perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk memper- tahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia perlu terus dikenang sepanjang masa oleh kita semua sebagaimana tema Hari Pahlawan Tahun 2020 yaitu “Pahlawanku Sepanjang Masa”.

“Apa yang telah dilakukan para pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk meneruskan perjuangan mereka. Kalau dulu kita berjuang dengan mengangkat senjata, maka sekarang kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa, seperti kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham-paham radikal dan termasuk berjuang melawan pandemi Covid-19 yang saat ini melanda dunia,” kata Erwin.

Meskipun dalam masa pandemi covid, Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2020 diharapkan dapat berlangsung secara khidmat dan tidak kehilangan makna. Bahkan dapat memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa.

Nilai-nilai kepahlawanan seperti : percaya kepada Tuhan YME, rela berkorban, pantang menyerah, suka membantu, bergotong royong, perlu terus dirawat dan dipupuk agar dapat tumbuh bersemi di dalam hati sanubari setiap rakyat Indonesia.

“Semangat Kepahlawanan yang terus menyala, dapat dijadikan sebagai motor penggerak dalam upaya kita mengisi kemerdekaan untuk mewujudkan cita-cita para pendiri negeri ini.
Yakinlah apabila setiap anak bangsa Indonesia tertanam semangat-semangat dan nilai-nilai kepahlawanan tersebut, maka kita akan dapat menyelesaikan berbagai masalah bangsa. Mari tunjukkan kontribusi kita kepada bangsa dan negara dengan menjadi pahlawan masa kini yang memiliki empati untuk menolong sesama, saling menghargai dan menghormati satu sama lain,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Erwin menghimbau kepada seluruh rakyat Indonesia untuk berpartisipasi memperingati Hari Pahlawan Tahun 2020 sebagai salah satu bentuk penghargaan atas jasa para pahlawan. Sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita Sukarno yang menyatakan bahwa hanya bangsa yang menghargai jasa pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar.

“Kita lanjutkan perjuangan para pahlawan dengan bersatu, bergotong royong mengisi kemerdekaan membangun negeri. Jangan sia-siakan perjuangan para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya demi bumi pertiwi ini. Kita buktikan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang tangguh, berdaya saing, penuh dengan daya kreasi yang tidak kalah dengan bangsa-bangsa lain di dunia. Selamat Hari Pahlawan Tahun 2020, semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan bimbingan dan kekuatanNya kepada bangsa Indonesia,” pungkas Wawako Erwin mengakhiri amanatnya.

Usai upacara juga dilaksanakan apel siaga tanggap bencana Covid-19, dan dilanjutkan dengan kunjungan Forkopimda ke Taman Kusuma Bangsa di depan Polres Payakumbuh.(*)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here