Tambah Wawasan Koperasi, Pemko Payakumbuh Datangkan Staf Ahli Kementerian Koperasi

0
66
loading...

Payakumbuh, tipikal.com, — Gerakan Koperasi Kota Payakumbuh mengadakan pertemuan bersama Staf Ahli Menteri Bidang Antar Lembaga Kementerian Koperasi dan UKM Luhur Pradjarto serta Asisten Deputi Tata Laksana Koperasi dan UKM Hanfiah yang di dampingi Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz beserta Dinas terkait di Aula Randang Lt. II Balai Kota Payakumbuh, Jumat (13/03).

Pertemuan ini membahas tentang moderenisasi koperasi, Pemerintah akan menata semua koperasi sehingga nantinya akan terwujud koperasi moderen.

“Karena sekarang sudah diera digitalisasi bagaimana nantinya koperasi-koperasi khususnya di Kota Payakumbuh bisa menjadi koperasi moderen,” kata Staf Ahli Menteri Bidang Antar Lembaga Kementerian Koperasi dan UKM Luhur Pradjarto.

Untuk menjadi koperasi moderen, dijelaskan Luhur dimulai dari penataan kelembagaan koperasi itu, bagaimana anggota serta kepengurusannya dan sistem dari koperasi tersebut apakah berjalan sesuai dengan SOP.

“Dengan kejelasan semua itu, yangmana koperasi di Kota Payakumbuh yang beranggotakan UMKM, dengan sendirinya UMKM tersebut akan naik kelas serta akan melahirkan enterpreneur baru,” ucap luhur.

Ditambahkan Luhur, “Kita harapkan sesuai dengan terobosan yang dilakukan Pak Erwin Yunaz ini patut dijadikan Raw Model untuk pengembangan Koperasi dan UKM didaerah lain di Indonesia,” imbuhnya.

Senada dengan itu Wakil Wali Kota Payakumbuh akan mengarahkan semua koperasi di Kota Payakumbuh menuju digitaliasi Koperasi, koperasi yang sudah go online yang merupakan kriteria koperasi moderen.

“Saat ini ada beberapa koperasi yang sudah mengarah kesitu diantaranya Koperasi Payo serta Koperasi BCC 87, dan kita akan menggiring semua koperasi di Payakumbuh menjadi koperasi moderen,” ucap Erwin

Wawako berharap dengan pertemuan ini akan membuka wawasan dan menambah pengetahuan pengurus koperasi yang ada di Kota Payakumbuh untuk menuju koperasi moderen diera digitalisasi ini.

“Kita juga harapkan binaan dari Dinas terkait untuk kemajuan koperasi di kota Randang ini,” ujar Wawako.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Payakumbuh Herlina mengatakan pihaknya akan segera menindak lanjuti untuk moderenisasi koperasi tersebut.

“Kita akan siapkan langkah-langkah, dari arahan bapak Staf Ahli Menteri Bidang Antar Lembaga Kementerian Koperasi dan UKM Serta Wakil Wali Kota tadi setiap klaster akan melibatkan beberapa OPD,” kata Herlina.

Untuk itu, Herlina menyebut akan mensinergikannya dengan OPD tersebut agar tata kelolanya sesuai dengan yang diharapkan.

“Kita lihat, koperasi yang bergerak disektor pertanian maka kita akan libatkan Dinas Pertanian, begitu juga dengan koperasi lainnya,” pungkas Herlina.(rm)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here