Pemko Payakumbuh Matangkan Persiapan Peringatan Hari Pahlawan ke-75

0
27
loading...

Payakumbuh, tipikal.com Dengan mengusung tema “Pahlawan ku Sepanjang Masa”, Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh akan melaksanakan Peringatan Hari Pahlawan 10 November tahun 2020 yang akan dilangsungkan di halaman kantor Balaikota baru ex. Poliko.

Bertempat di aula Ampangan kantor Balaikota baru ex. Poliko, Pemko Payakumbuh terlebih dahulu melaksanakan rapat persiapan peringatan Hari Pahlawan ke-75 tahun 2020 bersama seluruh instansi dan stakeholder terkait.

Wali Kota yang diwakili Asisten 2 bidang Ekonomi Pembangunan Elzadaswarman saat rapat dimulai menyampaikan jika pelaksanaan Peringatan Hari Pahlawan kali ini berbeda.

“Peringatan tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dikarnakan kita semua sedang dilanda musibah wabah virus Covid-19. Sehingga peringatan Hari Pahlawan ini akan berlangsung dengan aturan dari protokol kesehatan untuk menghindari penularan wabah Covid-19 ini”, kata Asisten 2 yang akrab disapa Om Zed itu.

Om Zed kembali menyampaikan jika pelaksanaan Peringatan Hari Pahlawan ke-75 ini berpedoman kepada surat edaran Menteri Sosial RI yang mana meminta pimpinan lembaga negara, para menteri, Gubernur, Bupati dan Walikota untuk dapat melaksanakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan tahun 2020 Dilingkungan kerja masing-masing.

Lebih lanjut, Asisten 2 itu juga mengatakan jika Pemerintah daerah juga mendapat Pedoman Umum (Pedum) dari Sekjen Kemensos RI tanggal 7 November 2020 tentang Upacara Hari Pahlawan tahun 2020.

“Terdapat 3 poin dalam Pedum dari Sekjen Kemensos ini, dimana mengingat pandemi Covid-19 pelaksanaan upacara disesuaikan dengan daerah masing-masing, peserta dengan jumlah terbatas dan bagi daerah yang tidak melaksanakan upacara maka dapat menyaksikan upacara ziarah TMP-N Kalibata Selasa tanggal 10 November 2020 pada jam 8 pagi WIB di TVRI maupun Channel YouTube Kemensos RI”, tukas Om Zed.

Adapun pada upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-75 tahun 2020, Walikota ditunjuk sebagai Inspektur upacara dan Wakil Wali Kota sebagai cadangan jika Walikota berhalangan hadir. Dan dilanjutkan upacara di TMP Kusuma Bangsa yang dipimpin oleh Kapolres.

Sementara Kepala Dinas Sosial kota Payakumbuh, Erwan juga turut menyampaikan jika pelaksana dan peserta upacara peringatan Hari Pahlawan kali ini akan dibatasi.

“Untuk peserta upacara kita hanya memfasilitasi sebanyak 10 orang dari setiap instansi, baik itu dari ASN, Dishub, Pol-PP, TNI/Polri. Dan juga kita turut mengundang dari tim Relawan Siaga Bencana sebanyak 20 orang”, ungkap Erwan.

Dinas Sosial selaku leading sektor acara berharap pelaksanaan kegiatan peringatan Hari Pahlawan ke-75 tahun 2020 berlangsung dengan lancar dan aman mengingat pelaksanaan pada tahun ini berlangsung di tengah pandemi Covid-19. (rel/rm)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here