Pegawai Pemko Payakumbuh Setiap Jumat Bersepeda Ke Kantor

0
37
loading...

Payakumbuh, tipikal.com — Tidak seperti biasanya, hari Jumat pagi, terlihat di kantor-kantor perangkat daerah Pemerintah Kota Payakumbuh lebih banyak kendaraan sepeda yang parkir daripada kendaraan bermotor. Hal itu karena ASN dan pegawai pemerintah bergowes ke kantornya.

Menyusul telah keluarnya Surat Edaran Wali Kota Payakumbuh Nomor : 800/ 02 /SE-WK-PYK/ 11 /2021 Tentang Gerakan Sehat Melalui Bersepada yang keluar 24 Februari 2021.

“Pegawai di Pemko Payakumbuh memang sebelumnya telah banyak juga yang bersepeda ke kantor pada hari Jumat. Dengan adanya surat edaran ini, kita harapkan hal itu dapat dicontoh oleh yang lain,” kata Wako Riza Falepi kepada media, Jumat (26/02).

Menurut Riza, kebijakan ini dilakukan dalam rangka hemat energi, mengurangi polusi udara, serta untuk menjaga kebugaran fisik ASN dan Non ASN dilingkungan Pemerintah Kota Payakumbuh.

“Pegawai kita berangkat kerja dan pulang menggunakan sepeda setiap hari Jumat, kecuali bagi yang memilik riwayat penyakit berat,” kata Riza didampingi Sekda Rida Ananda.

Wali Kota yang sangat hobi bergowes itu menjelaskan dirinya ingin semuanya sehat, tak hanya warga saja tapi pegawai pemerintah juga. Disamping itu, Riza juga mengajak masyarakat untuk bisa meluangkan waktu berolahraga di hari libur atau akhir pekan.

“Kalau bersepeda di Payakumbuh udaranya kan sejuk, ditambah ada beberapa titik bisa dijadikan checkpoint untuk bersantai seperti Ngalau, Batang Agam, dan Payakumbuh Bugar. Selain menggalakan olah raga, kita juga menghimbau agar mengurangi makan nasi berlebihan, karena segala yang berlebihan nggak baik,” terangnya. (rm)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here