Wali Kota Beserta Jajaran, All Out Lakukan Pencegahan Covid-19 Masuk Ke Payakumbuh

0
317
loading...

Payakumbuh, tipikal.com — Keseriusan Pemko Payakumbuh dalam mencegah dan memutus penyebaran Covid-19 patut diacungi jempol. Berbagai upaya terus digencarkan oleh jajaran pemerintahan kota Randang dibawah komando Walikota Riza Falepi ini.

Pada Selasa (14/4), Pemko Payakumbuh melalui Tim Gugus Tugas Tanggap Darurat Covid-19 Kota Payakumbuh membagikan ribuan masker kepada warga kota. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Walikota Riza Falepi, bersama-sama dengan seluruh unsur Forkopimda, dan pimpinan serta jajaran perangkat daerah terkait. Tampak hadir Kapolres AKBP Dony Setiawan, Dandim 0306/50 Kota Letkol Kav. Ferry S Lahe, Kajari Suwarsono SH diwakili Kasi Intel Robby Prasetya, Wakil Ketua DPRD Wulan Denura, Sekda Rida Ananda, serta unsur lainnya seperti BPBD, Satpol PP, Dishub, PMI dan Trantib Pasar.

Pembagian masker ini merupakan lanjutan rangkaian kegiatan yang dilakukan Pemko dalam rangka pencegahan dan pemutusan penyebaran Covid-19 di kota Payakumbuh. Diantaranya, sebelumnya Pemko bersama-sama dengan Polres Payakumbuh telah melakukan sosialisasi dan penyuluhan kepada seluruh lapisan masyarakat tentang bahaya dan upaya pencegahan virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan Tiongkok awal tahun ini.

Selain sosialisasi dan penyuluhan yang masih terus dilakukan, Pemko melalui Dinas Koperasi dan UKM juga telah menyediakan beberapa wastafel, air bersih dan sabun cuci tangan di titik-titik tertentu di seluruh kawasan pasar pusat kota, sehingga warga dapat memanfaatkannya untuk mencuci tangan usai melakukan aktifitas di pasar. Disamping itu Pemko juga telah mengedarkan himbauan kepada pemilik toko, mini market dan warung agar dapat menyediakan sarana cuci tangan bagi pengunjung atau pembeli.

Himbauan cuci tangan pakai sabun telah dikampanyekan oleh seluruh jajaran perangkat daerah terkait kepada seluruh warga kota Payakumbuh sejak beberapa tahun terakhir. Semenjak merebaknya Covid-19 di seluruh belahan dunia, himbauan tersebut kembali digaungkan, diikuti dengan penambahan wastafel di beberapa titik, agar warga senantisa membiasanya diri untuk mencuci tangan. Selain meningkatkan prilaku hidup bersih dan sehat, mencuci tangan pakai sabun juga disebut mampu memutus penyebaran Covid-19, yang sampai saat ini masih belum ditemukan obatnya.

Selain mencuci tangan pakai sabun, disebutkan juga bahwa memakai masker adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memutus penyebaran virus berbahaya ini. Untuk itu di sela-sela kegiatan pembagian masker, Walikota Riza Falepi menegaskan bahwa seluruh warga Payakumbuh yang melakukan aktifitas di luar rumah diwajibkan untuk memakai masker.

“Mulai Kamis besok, bagi siapapun yang ke pasar kalau tidak pakai masker, maka disuruh pulang. Termasuk pedagang kaki lima dilarang berjualan kalau tidak pakai masker, sekarang kita tegas-tegas saja karena wabah ini adalah masalah serius,” tegas Walikota Riza.

Walikota menyebutkan bahwa saat ini di Payakumbuh masih belum ditemukan warga yang positif Covid-19. Namun keberadaan Payakumbuh yang terletak di jalur pelintasan dari beberapa daerah yang telah berstatus zona merah, membuat Walikota yang memasuki periode kedua dalam menahkodai Payakumbuh ini, bertindak sangat tegas dalam membuat keputusan dan kebijakan terkait pencegahan penyebaran Covid-19 demi warganya di kota Payakumbuh.

Walikota peraih penghargaan Wali Kota Entrepreneur Award (WEA) 2019 tingkat ASEAN dan segudang prestasi ini mengungkapkan bahwa tindakan tegas yang dilakukannya terkait penanganan pemutusan dan penyebaran Covid-19 ini, semata-mata adalah bukti kepeduliannya terhadap keselamatan seluruh warga Payakumbuh. Beliau berharap, agar kota Payakumbuh tetap berada di zona hijau sampai wabah yang melanda ini berlalu dari muka bumi.

“Jangan anggap enteng, kita dalam bahaya, mohon orang tua kawal keluarga dan anaknya, kita harus saling mengingatkan. Sekarang kita sedikit keras dan tegas, ini semua bukti cinta dan perhatian kita atas keselamatan warga kita, yang paling rumit itu adalah pendatang yang tidak melapor, nanti mereka akan ditangkap dan dibawa ke tempat karantina Orang Dalam Pengawasan (ODP),” ungkap Walikota Riza.

Tindakan tegas Walikota Riza Falepi yang berpasangan dengan Wakil Walikota Erwin Yunaz ini juga dibuktikan dengan adanya pemberlakuan Social Distancing, Stay at Home, School from Home dan Work from Home bagi seluruh masyarakat. Untuk mengurangi dampak dari pemberlakuan kebijakan tersebut, tak tanggung-tanggung Pemko menyiapkan dana milyaran Rupiah untuk pengadaan alat-alat kesehatan dan bantuan bagi masyarakat yang terdampak.

Upaya Pemko dalam memerangi Covid-19 ini juga mendapat dukungan penuh dari seluruh unsur Forkopimda dan elemen masyarakat. Semua unsur senantiasa bahu membahu dan kompak dalam mengedukasi masyarakat tentang bahaya Covid-19, dengan harapan seluruh masyarakat dapat menyadari, memahami dan mematuhi setiap himbaun pemerintah, sehingga Pemko bersama seluruh warga dapat melewati masa sulit ini dengan tetap berada di zona hijau sampai pandemi ini dinyatakan berakhir.(rm)

#lipsushumaspemkopayakumbuh

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here