Rekomendasi Fraksi PPP : 43 Tenaga Medis Sukarela Covid-19 Diangkat Tenaga Harian Lepas (THL)

0
6
loading...

Payakumbuh, tipikal.com — Rekomendasi DPRD Kota Payakumbuh Tentang Percepatan Penanganan Covid-19 Kepada Pemko Payakumbuh disampaikan oleh juru bicara DPRD Suparman di Aula Sidang DPRD Kota Payakumbuh, Senin (15/6).

Dihadiri Wakil Wali Kota Erwin Yunaz, Ketua DPRD Hamdi Agus, Wakil Ketua DPRD Wulan Denura, dan anggota DPRD lainnya. Turut hadir SKPD terkait, Camat, Ketua LKAAM, serta KAN dan LPM se Kota Payakumbuh.

Rekomendasi DPRD yang disampaikan oleh Suparman dari Fraksi PKS.

Setelah membaca dan mempelajari kesimpulan Pansus I, II, dan Pansus III Fraksi Partai Persatuan Pembangunan yang beranggotakan Ahmad Zifal, Edward DF, dan Alhudri sepakat untuk dijadikan Keputusan DPRD untuk direkomendasikan kepada Pemerintah Daerah Kota Payakumbuh.

Namun Fraksi Partai Persatuan Pembangunan juga menyampaikan pendapat dan catatan sebagai berikut:

Fraksi Partai Persatuan Pembangunan menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Tim Gugus Tugas Covid 19 Kota Payakumbuh dan Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Sekda, OPD terkait, Camat dan Lurah, serta Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan se-Kota Payakumbuh stakeholders lainnya, atas kerjasama yang baik dalam rangka pembahasan Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid 19).

Hal ini tentu saja karena kita mempunyai pandangan dan komitmen yang sama, mudah-mudahan semangat kemitraan ini semakin terjalin secara positif dalam rangka mengemban dan menjalankan amanah rakyat Kota Payakumbuh.

Fraksi Partai Persatuan Pembangunan meyakini bahwa berdasarkan pembahasan-pembahasan yang dilakukan, melalui rapat kerja dan hearing tersebut telah menyimpulkan sesuatu yang bermanfaat terhadap persoalan-persoalan yang dihadapi masyakakat seperti musibah Covid 19 ini.

Dan kami yakin pula, jika nanti datang lagi musibah yang sama maka masyarakat akan lebih siap mengantisipasi dan menghadapinya. Apalagi di antara kabupaten/kota di Sumbar, proses percepatan pemutusan rantai pandemi Covid 19 Kota Payakumbuh adalah yang terbaik.

Fraksi Partai Persatuan Pembangunan merekomendasikan agar semua tenaga medis sukarela yang berjumlah 43 orang yang telah mengabdi untuk pandemi Covid 19 diapresiasi dengan mengangkat menjadi Tenaga Harian Lepas (THL). Begitu pula kepada tim di Kelurahan seperti LPM, RW, RT, dan stakeholder lainnya kalau memungkinkan Pemko Payakumbuh juga diharapkan memberikan tambahan honor selain yang mereka terima setiap tahun dalam jumlah yang masih minim.

Fraksi Partai Persatuan Pembangunan memandang perlu Pemko Payakumbuh mempunyai Perda/Perwako sebagai regulasi dalam penanganan musibah yang tidak diketahui kapan datang dan perginya seperti Covid 19 ini.

Berdasarkan kesimpulan Pansus II yang membidangi Dampak Sosial dan Ekonomi maka Fraksi Partai Persatuan Pembangunan memberikan penguatan beberapa hal di bawah ini :

Pemerintah Kota Payakumbuh diharapkan lebih maksimal dalam memahami dan melaksanakan amanat Perpu nomor 01 tahun 2020 dan Pemendagri Nomor 20 Tahun 2020 khusus dalam Percepatan dan Penanganan Dampak Sosial dan Ekonomi.

Berdasarkan tahapan pembahasan yang dilakukan oleh Pansus II maka Fraksi Partai Persatuan Pembangunan tidak mempersoalkan masalah identifikasi, verifikasi dan validasi data calon penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) terdampak Covid 19, tetapi kami mendorong agar calon penerima yang benar-benar berhak di cairkan lebih dulu walaupun pemutakhiran data masih berlangsung.

Fraksi Partai Persatuan Pembangunan mendorong untuk menaikkan nominal bantuan yang akan diterima mereka yang terdampak menjadi Rp. 500.000,- per bulan per KK sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.

Berdasarkan kesimpulan Pansus III yang membidangi Pembatasan Sosial Berskala Besar, maka Fraksi Partai Persatuan Pembangunan memberikan pendapat sebagai berikut :

Apa yang telah dilakukan Tim Gugus Tugas dalam PSBB Fraksi Partai Persatuan Pembangunan mengapresiasi secara menyeluruh mulai dari 3 Posko Utama, 8 Posko tambahan setiap Puskesmas karena telah bekerja secara maksimal.

Kepada seluruh jajaran di Tingkat Kelurahan mulai dari Kepala Kelurahan, Bhabinkamtibmas, Babinsa, LPM, TP PKK, RW, RT, Karang Taruna, Relawan dan Stakholder lainnya Fraksi Partai Persatuan Pembangunan mengapresiasi dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas kerja sama yang baik dalam penanganan musibah Covid 19. (rel)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here