Pemko Payakumbuh Peringati HPSN 2020 Di Batang Agam

0
57
loading...

Payakumbuh, tipikal.com, — Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) melaksanakan kegiatan Apel Peduli Sampah Nasional di Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatra Lima Batang Agam, Jumat (6/3).

Kegiatan Apel Bersama selain dihadiri oleh seluruh OPD se-kota, juga turut dihadiri Pelaku UMKM, Pimpinan BUMD kota, Akademisi, komunitas Kompas, P3A, dan Duta Zero Watae Kota Payakumbuh serta sekolah Adiwiyata se-kota Payakumbuh.

Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) dilaksanakan pada tanggal 21 Februari setiap tahunnya. Pada peringatan tahun 2020 kali ini, HPSN mengusung tema “Indonesia Bersih, Indonesia Maju dan Indonesia Sejahtera”, ucap Erwin Yunaz Wakil Walikota Payakumbuh saat membuka kegiatan Apel Bersama tersebut.

Turut juga disampaikan Wawako jika dari 200 ribu ton sampah yang terkumpul setiap tahun nya di dunia, Indonesia menduduki peringkat 5 penghasil sampah terbanyak di dunia.

“Kita turut bersedih akan data yang kita terima ini, tapi apa daya, hal ini terjadi karna kita juga, jika kita semua bisa menjaga indonesia, terutama untuk daerah kota Payakumbuh dari sampah, maka setidaknya kita sudah berkontribusi mengurangi angka data tersebut”, ujar Erwin.

“Tapi tentunya bukan semata tentang angka saja, tapi hal ini tentunya bagaimana membangun kesadaran kita bersama untuk membudayakan pada pola hidup bersih dan sehat yang dimulai dari diri sendiri agar lingkungan terjaga dan alam pun dapat lestari”, pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Payakumbuh Dafrul Pasi selaku pelaksana acara menjelaskan mengapa kegiatan ini dilaksanakan di seputaran BWS Sumatra Lima Batang Agam.

Daf juga mengatakan jika sebelum kegiatan Apel Bersama ini dilangsungkan, telah banyak juga kegiatan yang telah berlangsung dari DLH dalam rentetan peringatan HPSN 2020.

“Sebelumnya DLH juga telah melaksanakan turnamen Futsal Peduli Sampah antar SMA sederajat, dan juga dilaksanakan kegitan Clean Up Destinasi wisata taman BWS Sumatra Lima bersama Mahasiswa dan juga melibatkan langsung warga yang sedang berada di lokasi”, ujar Daf.

Selain itu, juga telah dilangsungkan pencanangan penggunaan botol air minum/Tumblr di lingkungan Pemko Payakumbuh, serta edukasi dan Sosialisasi mengenai bahayanya sampah plastik bagi lingkungan.

Setelah Apel Bersama berlangsung, DLH telah menyediakan banyak hadiah untuk peserta apel yang paling banyak mengumpulkan sampah di seputaran BWS Sumatra Lima Batang Agam.(rm)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here