Pemerintah Kota Payakumbuh Gelar FGD Payakumbuh Dalam Angka Tahun 2021.

0
25
loading...

Payakumbuh, tipikal.com — Sehubungan dengan semakin dekatnya percepatan rilis Publikasi Payakumbuh Dalam Angka 2021 yang jatuh pada akhir bulan Februari tahun 2021 mendatang, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Payakumbuh mengadakan Forum Group Discusion (FGD) yang dilaksanakan secara virtual via zoom meeting, Selasa (19/1).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut OPD dan dinas terkait diantaranya Inspektorat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Bappeda, Dinas PUPR, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Koperasi industri dan Perdagangan, Dinas Pendidikan, Bank Nagari dan Kementrian Agama Kota Payakumbuh.

FGD dibuka secara resmi oleh Wali Kota Payakumbuh yang dalam hal ini diwakili Asisten II Wali Kota Payakumbuh Elzadaswarman.

Dalam sambutannya Elzadaswarman yang akrab disapa Om Zet mengatakan dalam FGD kali ini yang sangat perlu diperhatikan adalah dari sisi persiapan, perencanaan, dan data yang real.

Dengan adanya publikasi Payakumbuh Dalam Angka tahun 2021 menjadi suatu komponen data yang dapat diandalkan untuk membuat suatu perencanaan .

“Pemerintah Kota Payakumbuh bekerjasama dengan BPS tujuan utama adalah bisa berkontribusi dan membuat data dalam buku ini menjadi sebuah data yg dapat diakses oleh semua yang berkepentingan. Untuk itu memberikan data yang benar dan akurat merupakan point penting dalam kegiatan kali ini sehingga hasil akhirnya adalah satu data yang mumpuni untuk semua komponen masyarakat yang akan melakukan aktifitas dan kerjasama dengan pemko payakumbuh, “ujar Om Zet.

Ditambahkan Om Zet, FGD penyusunan publikasi Payakumbuh Dalam Angka tahun 2021 ini menggali sumber data dari semua perangkat daerah dan Instansi vertikal lainnya, guna dimanfaatkan sebagai bahan pertimbangan dalam perencanaan pembangunan, sekaligus sebagai evaluasi pengumpulan data publikasi yang disusun nanti lebih sempurna dan meningkat kualitasnya.

“Tanpa data yang akurat serta perencanaan matang, apa yang dilakukan pasti sia- sia. Perencanaan yang baik tentu didukung oleh data dan informasi yang valid dan akurat. Semakin baik perencanaan semakin baik pula hasil kegiatan yang dicapai. Untuk itu mari kita lakukan kegiatan dengan sharing ilmu, tingkatkan koordinasi sehingga apa yang kita lakukan hari ini dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat,“ pungkas Om Zet.

Kasi IPDS BPS Kota Payakumbuh Afrizal mengatakan data yang berkualitas dapat diperoleh melalui proses penentuan kebutuhan data prioritas, intergal, dan mekanisme forum data. BPS sebagai pembina statistik bertugas melaksanakan tugas statistik yang berkualitas untuk indonesia maju serta membina kelembagaan melalui sistim statistik nasional yang berkesinambungan.

“FGD sangat penting diselenggarakan karena merupakan muara dari seluruh aktifitas yang dilaksanakan baik melalui kegiatan sensus, survei maupun kompilasi produk administrasi dengan harapan tersajinya data statistik yang lebih akurat dan tepat waktu. Untuk itu diharapkan kerja sama OPD terkait dalam pemberian data yang akurat sehingga mendapatkan hasil terbaik untuk Payakumbuh Dalam Angka tahun 2021, “pungkas Afrizal. (rm)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here