Bupati Safaruddin Bersama BAZNAS Lima Puluh Kota Distribusikan Beasiswa Pendidikan Di Empat Kecamatan

loading...

KP.224

Lima Puluh Kota | tipikal.com — Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Lima Puluh Kota mulai mendistribusikan secara bertahap beasiswa pendidikan untuk 2.394 pelajar Sekolah Dasar (SD) maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Lima Puluh Kota.

Bertempat di Aula UPTD SD Negeri 01 Suliki, Kamis, (12/10/23), Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo didampingi Ketua Baznas Lima Puluh Kota, Yulius menyerahkan Beasiswa secara simbolis bagi 424 siswa di 4 kecamatan diantaranya Kecamatan Guguak, Suliki, Gunuang Omeh, dan Bukit Barisan. Bertemakan Optimalisasi Penguatan Pengumpulan Zakat, Infak, Sedekah (ZIS) melalui Baznas Kabupaten Lima Puluh Kota, tampak hadir dalam kesempatan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Afri Efendi, Anggota DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Doni Ikhlas dan Putra Satria Very, Kalapas Suliki Kamesworo, Camat Suliki Ali Sabri, dan Camat Gunuang Omeh Apri Yulianto bersama unsur Forkopimca.

Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo mengatakan, pemberian beasiswa pendidikan kepada pelajar merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang berbudaya dan berdaya saing sesuai dengan misi pemerintah daerah.

“Bersama dengan Baznas Lima Puluh Kota kita berikan bantuan agar dapat digunakan untuk kebutuhan bagi pelajar dalam menunjang pendidikan dan meminta para pelajar dapat memanfaatkan sebaik baiknya serta harus sesuai dengan peruntukan,” sambungnya.

Selain itu, Bupati mengatakan, program unggulan ini diharapkan semakin memacu semangat para pendidik dan meminta tenaga pendidik untuk memberikan edukasi yang baik mulai dari tontonan, bacaan, dan lainnya sehingga anak-anak nantinya punya perisai kuat dan senantiasa waspada terhadap pengaruh buruk lingkungan salah satunya bahaya.

Sebelumnya, Ketua Baznas Lima Puluh Kota Yulius menyebutkan, bantuan pendidikan bagi para pelajar di Lima Puluh Kota pada tahun 2023 mencapai 2.394 pelajar dengan total bantuan senilai Rp.888.075.000.

“Selain bantuan pendidikan, Baznas Lima Puluh Kota juga menyalurkan zakat di bidang kemanusiaan dengan nilai Rp.1.109.984.000 yang menyasar 2.986 Mustahik, di bidang kesehatan menyasar 328 mustahik dengan nilai Rp.397.900.000 serta sejumlah bidang lainnya,” jelas Yulius.

Ia juga menyampaikan, Pengumpulan Zakat dari ASN Lima Puluh Kota hingga Oktober ini mencapai Rp.3.683.503.623. Yulius berharap dengan adanya program bantuan tersebut keberadaan Baznas bisa dirasakan manfaatnya bagi masyarakat terutama bagi pelajar di Lima Puluh Kota.
 
Dalam kegiatan penyerahan bantuan tersebut, Bupati Lima Puluh Kota ikut menyaksikan penandatanganan MOU penyebaran kaleng sedekah subuh barokah oleh SDN 01, SDN 02, SDN 03 Tanjuang Bungo Kecamatan Suliki. (tim)

loading...